Kamis, 16 Desember 2021

PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH SMPN 1 SUKOHARJO TAHUN 2021

 

PENILAIAN KINERJA KEPALA

SEKOLAH SMPN 1 SUKOHARJO TAHUN 2021

 



Telah dilaksanakan kegiatan PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) pada hari Senin, 13 Desember 2021 di SMPN 1 Sukoharjo. PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data tentang kualitas pekerjaan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya.


Kepala Sekolah sebagai pimpinan tertingi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah. Tujuan dari diadakannya PKKS ini salah satunya adalah untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi pada sekolah yang dipimpin. 




Aspek PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) diantaranya komitmen terhadap tugas, pelaksanaan tugas, dan hasil kerja. Adapun kompetensi yang dinilai hanya terfokus pada bidang manajerial, bidang kewirausahaan dan bidang supervisi guru dan tenaga kependidikan. Kegiatan PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) tahun ini dilakukan oleh pengawas dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yaitu Drs. Agus Hidayat, M. Pd, dan Truko Tiyanto, M. Pd


Kegiatan PKKS dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.30 WIB. Kegiatan ini diawali oleh penyambutan kepala sekolah dilanjutkan oleh Perwakilan Komite sekolah dan Pengawas. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti, tim pengawas menilai satu per satu aspek yang menjadi poin penting dalam penilaian.  Kegiatan ini berjalan cukup lancar.

Penilaian kinerja kepala sekolah harapannya bisa menjadi catatan yang kemudian dipergunakan untuk perbaikan sekolah ke depannya. Harapannya sekolah bisa memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya sehingga sekolah bisa memiliki nilai jual kepada masyarakat. PKKS menjadi sarana evaluasi tahunan agar program program yang berjalan di sekolah berjalan semestinya dan bisa meningkat di tahun mendatang.






Sambutan Kepala SekolahSambutan Pengawas Sekolah Sambutan Komite Sekolah









0 komentar: