Jumat, 05 November 2021

PTM Terbatas yang Menyenangkan

Pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia, termasuk Indonesia memporak-porandakan berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pendidikan harus tetap berjalan walaupun harus menggunakan berbagai macam cara. Penggunaan teknologi melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi salah satu cara yang digunakan selama awal masa pandemi covid 19.

      Namun, penggunaan teknologi yang menggunakan berbagai platform untuk PJJ pun belum sepenuhnya efektif, sehingga anak-anak hampir pasti akan hilangnya capaian belajar.

    Menurut data dari OECD (The Organisation for Economic Co-operation and Development) menunjukkan kemajuan pembelajaran siswa mengalami krisis yang kuat, terutama di sekolah-sekolah di daerah penghasilan rendah.

    Setelah pandemi covid 19 mulai mereda dan vaksinasi covid 19 sudah gencar dilakukan, pemerintah mulai melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas atau yang biasa kita kenal dengan PTMT. Siswa di daerah "hijau" diperbolehkan belajar di sekolah dengan syarat yang ketat. Dalam pelaksanaan PTM Terbatas ini pasti akan banyak masalah yang muncul. Maka diperlukan persiapan yang matang dalam pelaksanaannya. 

Dari berbagai permasalahan tersebut, penulis membagikan beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Melibatkan orangtua dalam pelaksanaan PTM terbatas
Langkah ini diperlukan untuk mengetahui bahaimana kondisi siswa saat pembelajaran PJJ, karena pembelajaran selama ini dilakukan secara daring sehingga siswa perlu pembiasaan baru lagi.

2. Lakukan tes awal pembelajaran pada siswa 
Hal ini digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan awal siswa, sehingga dapat dipetakan kemampuan masing masing siswa.
Selain itu, tes awal juga dapat digunakan guru untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan yang di dapat siswa selama PJJ

3. Ciptakan suasana belajar inovatif dan menyenangkan
Untuk membuat siswa kembali nyaman di sekolah akibat lama di rumah karena PJJ, maka guru harus bisa membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan salah satunya dengan cara membuat inovasi pembelajaran yang bisa membuat siswa bersemangat dalam belajar dan membuat siswa merasa senang di sekolah. Hal tersebut penting dilakukan agar para sisws tidak tertekan psikologinya serta bisa menemukan kembali "ritme" belajarnya.

4. Menyiapkan media pembelajaran
Untuk menciptakan suasana belajar yang inovatif, guru perlu menyiapkan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Media tersebut tidak harus menggunakan alat yang mahal atau berteknologi tinggi. Guru cukup memberikan ruang ataupun media yang sederhana tapi bisa membuat siswa tertarik dan bersemangat belajar.

0 komentar: