Senin, 22 November 2021

PRAKTIK TARI KREASI PESERTA DIDIK SMPN 1 SUKOHARJO

 

PRAKTIK TARI KREASI 
PESERTA DIDIK SMPN 1 SUKOHARJO



Pada hari Jumat dan Sabtu, 19-20 November 2021 beberapa peserta didik SMPN 1 Sukoharjo melaksanakan Praktik tari kreasi. Kegiatan ini dibimbing oleh Guru Seni Budaya Ibu Dwi Arfiani, S. Pd.  Tari kreasi baru adalah konsep dasar dari tarian klasik yang dikembangkan, atau diperbaharui sesuai dengan kemajuan zaman saat ini, lalu diberi unsur Indonesia yang baru dan modern. Jenis Tari kreasi baru disebut pula sebagai suatu bidang seni, yang didalamnya terdapat kebebasan dalam penciptaan. Namun dalam proses pembaharuan, para penari tetap mengedepankan unsur budaya daerah asal tarian yang dikembangkan tersebut.

Tari kreasi baru banyak macamnya. Peserta didik bebas mengekspresikan diri dengan tarian tersebut. Namun hal yang perlu diingat adalah, bahwa walaupun peserta didik bebas berekspresi, namun mereka tidak boleh melupakan hal yang fundamental dalam tari tersebut, sehingga pesan yang ingin disampaikan dalam tarian tersebut tetap dapat tersampaikan kepada para penonton.

Umumnya tari kreasi  berfungsi sebagai media untuk menunjukkan dan menyajikan suatu hiburan dan juga menunjukan kreasi  tanpa menghilangkan unsur budaya yang penting.

Tujuan dari kegiatan ini, terutama bagi peserta didik adalah: menambah wawasan dan pengetahuan dari tarian kreasi, menambah perbendaharaan gerak tari, mengetahui ciri khas dari tari kreasi, mengenal bentuk-bentuk tari kreasi yg ada serta melestarikan kekayaan kebudayaan yang dimiliki bangsa.




0 komentar: