Jumat, 26 November 2021

HARI GURU NASIONAL 2021 DI SMPN 1 SUKOHARJO "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan"

 HARI GURU NASIONAL 2021 DI SMPN 1 SUKOHARJO

"Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan"

Oleh: Arifin Rivan Nugroho, S. Pd




Wonosobo - Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. Hari Guru Nasional diperingati sebagai penghormatan kepada para guru yang telah berjuang untuk memajukan pendidikan bangsa Indonesia dan setia dalam pengabdiannya. Tema peringatan Hari Guru Nasional tahun 2021 adalah "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan."

Berdasarkan surat edaran pelaksanaan HUT PGRI  cabang Sukoharjo, SMPN 1 Sukoharjo melaksanakan kegiatan upacara HUT dan HGN di sekolah pada tanggal 25 November 2021 di halaman sekolah. Hal yang paling spesial dalam upacara ini, semua petugas upacara  adalah guru, OSIS, dan karyawan SMPN 1 Sukoharjo, sedangkan peserta upacara yaitu siswa-siswi yang hadir mengikuti Pembelajaran Tatap Muka  Terbatas (PTMT) pada tanggal tersebut.

Bertindak sebagai pembina upacara HUT PGRI ke-67 yaitu Ibu Rivia Farichatullilah, S.Pd., MM. Pd. selaku Kepala SMP Negeri 1 Sukoharjo, beliau membacakan teks pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, atas nama Nadiem Anwar Makarim. Mas Menteri panggilan akrabnya menyampaikan bahwa masa pandemi ini sangat mempengaruhi kondisi para guru dari Sabang sampai Merauke, baik secara ekonomi, kesehatan, sampai batin. Di akhir pembacaan teks HUT PGRI sekaligus HGN, kepala sekolah membacakan puisi yang berisi perjuangan guru tanpa pamrih, walupun guru hanyalah manusia biasa yang mempunyai keterbatasan dalam mendidik siswa-siswinya.


Sebelum upacara berakhir, Bapak Suji Riyanto, S.Pd. selaku Koordinator Standar Kelulusan menyampaikan apresiasi kepada petugas upacara karena upacara berjalan dengan sangat baik, walaupun hanya latihan sekali dan dalam waktu yang singkat. Beliau menambahkan juga bahwa siswa-siswi SMPN 1 Sukoharjo bisa mencontoh dan belajar kepada Bapak/Ibu guru karyawan sebagi model dalam menjalankan tugas pada upacara-upacara yang akan datang.





Dalam momentum upacara HUT PGRI yg ke-76 yang istimewa ini, salah satu siswa yang bernama Jenny Suryaningsih kelas VIII B memberi kejutan serta hadiah kepada para guru dengan membacakan sebuah puisi yang berisi rasa terima kasihnya kepada guru yang telah berjasa mendidik siswa-siswinya dengan baik. Semoga dalam peringatan HGN, guru-guru di Indonesia, khususnya guru SMPN 1 Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo semakin amanah dalam menjalankan tugas dan terus berjuang dalam mencerdaskan generasi muda penerus bangsa












0 komentar: