Jumat, 05 November 2021

Ekstrakurikuler Pramuka Dimulai Kembali

        Wonosobo- Jumat, (5/11/2021) setelah kurang lebih dua tahun dilanda pandemi, SMP Negeri 1 Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo memulai kembali salah satu ekstrakurikuler yakni pramuka. Ekstrakurikuler pramuka ini dilaksanakan pada pukul 09.30 hingga 11.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh semua peserta didik kelas VII, VIII, dan IX secara terbatas, khususnya peserta didik yang bernomor presensi ganjil. Sememtara itu, bagi peserta didik yang bernomor presensi genap dilaksanakan pada hari berikutnya.

        Kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilaksanakan di halaman SMP Negeri 1 Sukoharjo (Spensako). Kegiatan ini dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Aji Dwi Prasetiawan kelas IX C dan Drs. Muhammad Tajudin sebagai pembina upacara. “Jadilah anak atau pelajar yang mandiri dan berani, tidak ingas-ingis,” ucap Pak Emta sebagai pembina dalam pidato singkatnya. 

     Setelah upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan materi. Adapun rincian materi yang diajarkan dapat diklasifikasikan sebgaai berikut.  Kelas VII: PBB, menyanyi lagu nasional dan daerah, dan sandi kotak I; kelas VIII: PBB, tali-temali, dan membuat drakbar; dan kelas IX: PBB, menaksir tinggi dan lebar, serta praktik hitungan.   

        Kegiatan ekstrakurikuler pramuka diakhiri dengan membuat yel-yel tiap regu atau kelompok. Pada pelaksanaan kegiatan ini cuaca sangat cerah sehingga mendukuing proses kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan ini juga terlihat sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik hadir tepat waktu dan semua peserta berseragam pramuka. 

    Kegiatan ekstrakurikuler pramuka ini memiliki tujuan yakni membentuk anak atau pelajar berperilaku menjadi lebih baik, mandiri, tanggung jawab, dan pemberani sehingga karakter-karakter tersebut dapat membantu anak untuk semakin berkembang, serta sebagai bekal di kehidupan yang akan datang. Semoga kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat dilakukan secara kontinu, meskipun di tengah-tengah masa pandemi seperti sekarang ini.  Tetap semangat. Salam pramuka, Spensako jaya! (arn)

0 komentar: