Sabtu, 20 November 2021

Asyiknya Mendirikan Tenda dan Membuat Dragbar

 Asyiknya Mendirikan Tenda dan Membuat Dragbar

(Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka 19 November 2021)



Kegiatan ekstra wajib Pramuka pada hari Jumat 19 November 2021 di SMPN 1 Sukoharjo di laksanakan sesuasi pembelajaran tatap muka terbatas. Hari ini materi yang di berikan adalah cara mendirikan tenda yang baik dan benar untuk kelas 8 dan 9 serta materi dragbar pramuka untuk kelas 7. Pada kegiatan ekstra pramuka kali ini didampingi oleh kakak pembina kak M Tajudin, Kak Rifanggi, Kak Nislam, Kak Ayunda, Kak Kety, Kak Khansa dan Kak Lulu.

Materi pendirian tenda dan pembuatan dragbar pramuka merupakan salah satu materi yang mengasyikkan para peserta ekstra pramuka. Mereka bekerja sama untuk mendirikan tenda serta membuat dragbar.

Tenda tentunya menjadi kebutuhan pokok saat akan melaksanakan salah satu kegiatan pramuka yaitu kemah. Tenda digunakan sebagai tempat untuk berlindung. Meskipun terlihat mudah memasang tenda namun bagi anggota pramuka yang belum terbiasa mendirikan tenda pasti mengalami kesulitan. Sehingga, perlunya pembiasaan atau latihan-latihan berulang kali untuk mendirikan tenda.

Tenda pramuka merupakan salah satu tenda yang memerlukan lebih dari orang untuk membantu mendirikannya. Sebelum mendirikan tenda maka harus dipersiapkan dahulu alat-alat yang digunakan untuk kelancaran proses.

Adapun alat-alat yang dibutuhkan adalah tenda pramuka, patok, tali pramuka, palu dan tongkat pramuka

Dragbar merupakan tandu atau usungan darurat yang dibuat dengan memanfaatkan tongkat dan tali yang tersedia. Fungsi utama dari dragbar adalah untuk memudahkan penolong melakukan evakuasi korban secara aman dan nyaman menuju tempat yang lebih aman atau untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Peralatan yang digunakan untuk membuat dragbar antara lain: Tongkat Pramuka 2 buah, digunakan sebagai induk dragbar; standar tongkat yang digunakan untuk membuat dragbar, Tongkat pendek ukuran 60 cm 2 buah digunakan sebagai anak dragbar, Tali pramuka secukupnya.


Kedua materi tersebut dilakukan selama kurang lebih 2 jam. Hasil yang diperoleh dari kedua kegiatan tersebut selain anak anak bisa mendirikan tenda dan membuat dragbar dengan benar, mereka juga berlatih untuk bekerja sama, tanggung jawab serta disiplin.

0 komentar: